zwani.com myspace graphic comments
.......Napas Kehidupan Adalah Keyakinan........

Senin, 31 Maret 2008

DENGAN SETETES AIR AKU HIDUP


Ia hidup ditengan gersangnya bebatuan, namun tetap cerah dan mempu mempertahankan hidupnya walau hanya sekelompok kecil saja namun mampu mengalahkan sebuah batu yang besar, halus dan lembut itulah gambaran yang ada pedanya.
Sesekali ku amati sambil ku berfikir begitu kautnya ia bertahan dengan hanya setetes air saja ia mampu untuk melanjutkan hidupnya, sungguh kemampuan yang luar biasa, aku banyak belajar tentang hidup darinya.

Nama tumbuhan itu Lumut, Tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam divisio Bryophyta (dari bahasa Yunani bryum). ia mempunyai keunikan tersendiri dari tumbuhan lain karena lumut mampu hidup di mana saja, sekalipun di atas bebatuan mereka sanggup untuk mempertahankan hidupnya.

Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor, yang mampu tumbuh di suatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh. Walau ukurannya kecil tetapi ia bisa membentuk koloni dan dapat menjangkau area yang luas. sedangkan jaringan tumbuhan lumut yang mati bisa dijadikan sumber hara bagi tumbuhan lumut lain dan dapat memberi kehidupan baru bagi tumbuhan lainnya.Tumbuhan lumut memiliki peran dalam ekosistem sebagai penyedia oksigen dan berfungsi sebagai penyimpan air karena sifat selnya yang menyerupai spons, kelebihan lainya tumbuhan lumut mampu menyerap polutan.
Banyak manfaat yang bisa di dapat dari tumbuhan lumut, selain bisa dimanfaatkan sebagai ornamen tata ruang. Ada beberapa spesies juga bisa digunakan sebagai obat kulit dan mata salah satunya adalah spesies Sphagnum.

Masih banyak lagi yang bisa digali dari alam, yang pasti alam bias menjadi guru karena banyak ilmu yang tersimpan di dalamnya.

Tidak ada komentar:

revolution

Always